Bukit Bara Bere

6 Bukit Indah dan Instagenic di Pacitan

Posted on

Bukit Indah dan Instagenic di Pacitan Sama seperti keindahan perbukitan di Sumba, seperti Bukit Mondu yang terkenal dan juga Bukit Lendongara, kemudian Bukit Warinding dan Bukit Tenau serta Bukit Tanarara dan Bukit Persaudaraan, Pacitan juga memiliki Bukit instagen dan indah. Pacitan merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang terdiri dari 12 kecamatan dengan 166 desa dan 5 kecamatan. Tentunya dengan topografi alam berupa pantai, dataran rendah, serta pegunungan dan perbukitan yang mencapai 85% dari luas wilayah, banyak tempat berbukit yang menawarkan pemandangan sangat indah di salah satu kota di Jawa Timur. Bahkan, karena dekat dengan Samudera Hindia, Pacitan lebih populer dengan destinasi wisata pantainya serta wisata gua langit-langit stalaktit yang eksotis, sehingga membuatnya terkenal sebagai Kota 100 Gua. Namun, tempat kelahiran SBY, mantan Presiden Republik Indonesia itu, juga memiliki banyak bukit yang berpotensi menjadi destinasi wisata. Bisa menjadi destinasi populer bagi mereka yang lebih menyukai udara sejuk perbukitan daripada cuaca panas di pantai. Berikut 5 Bukit Indah di Pacitan.

1. Bukit Pakis

timesindonesia.co.id

Bukit Pakis terletak di Desa Wonogondo, Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, di jalan utama di depan Jalur Lintas Selatan yang menghubungkan Kabupaten Pacitan dengan Trenggalek. Tidak ada biaya masuk untuk menikmati keindahan panorama bukit pakis ini. Anda hanya perlu membayar biaya parkir sebesar 2.000 rupiah bagi wisatawan untuk mengunjungi bukit indah di Pacitan ini kapan saja.

Dari atas Bukit Pakis Anda bisa langsung melihat keindahan kota Pacitan serta pesona panorama Sungai Grindulu yang terlihat seperti membentuk huruf S. Suasananya juga sejuk karena banyak terdapat pepohonan tinggi yang daunnya seperti tertiup angin dengan langit biru sebagai atapnya. Anda juga bisa melihat Pantai Teleng Ria dan Pintu Pancer dari lokasi ini. Sehingga mampu menghasilkan foto yang instagramable. Apalagi di sore hari saat matahari terbenam muncul. Ribuan kerlap-kerlip lampu di kota Pacitan di bawah ini akan menambah keindahan pemandangan bak bintang di langit. Oleh karena itu, bukit pakis ini juga sering disebut sebagai Bukit Bintang.

 

2. Bukit Brenggolo

Perbukitan yang indah dan instagenic di Pacitan
pacitanku.com

Lokasi Bukit Brengkolo berada di Dusun Tengar, Desa Plumbungan, Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan

Bukit Brenggolo terletak di Dusun Tengar, Desa Plumbungan, Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Untuk mencapai lokasi ini membutuhkan waktu sekitar 30 menit dari pusat kota Pacitan. Kemudian, untuk mendaki ke puncak bukit, dibutuhkan waktu sekitar 15 menit. Perjalanan menuju puncak Bukit Brenggalo tidak terlalu sulit namun disarankan untuk berhati-hati karena banyaknya daun yang berguguran dan cukup licin. Sebaiknya kenakan sepatu yang nyaman saat datang ke tempat ini.

Dari atas Bukit Brenggolo pengunjung dapat menikmati pemandangan kota Pacitan serta hamparan lautan luas, dan dalam perjalanan ke atas pengunjung dapat melihat keunikan lanskap desa berupa persawahan bertingkat dan deretan pohon jati. pohon yang ditanam cocok untuk spot foto. Itu di desa terpencil tetapi layak dikunjungi karena keindahan panoramanya.

3. Bukit Semar

Bukit Semar
tempat wisata.per

Lalu ada satu lagi yang bernama Bukit Semar. Bukit indah di Pacitan ini juga sangat populer. Anda bisa melihat keindahan kota Pacitan dari ketinggian. Panorama perbukitan yang hijau dan rimbun menjadi sesuatu yang sangat istimewa, bahkan dengan pemandangan Laut Selatan yang menyatu. Saat senja tiba, suasana semakin indah, bahkan awan yang berlalu lalang pun bisa terlihat. Lokasi tepatnya di Dusun Gamping, Desa Ponggok, Pacitan, Jawa Timur.

4. Bukit Sentono Genthong

Bukit Sentono Genthong
travel.kompas.com

Panorama dari Bukit Sentono Genthong tak kalah indahnya. Destinasi wisata ini sudah dikembangkan sejak tahun 2018. Dengan biaya masuk sekitar 10.000 rupiah per orang. Situs Sentono Genthong terletak di Desa Dadapan, Kecamatan Pringkuku, Pacitan, Jawa Timur, sekitar 13 kilometer dari pusat kota Pacitan. Rute menuju Wisata Sentono Gentong dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun roda empat di sepanjang jalur bus Pacitan Solo. Sesampainya di desa Dadapan, sebelum bertemu pertigaan, ikuti jalan menurun yang mengarah ke kanan jalan hingga sampai di kawasan wisata Sentono Genthong. Dari ketinggian kesaksian Sentono Genthong, Anda dapat memiliki pemandangan terbuka Teluk Pacitan yang sangat menakjubkan. Anda juga bisa melihat panorama beberapa pantai indah di bawah ini seperti Pantai Teleng Ria dan Pantai Pancer Dor. Anda bisa melihat dengan jelas pantai berpasir putih seperti busur bulan sabit. Panoramanya berpadu dengan deretan perbukitan yang mengelilinginya seperti tembok raksasa, dengan awan tipis sesekali melayang di atas kepala, menambah ketenangan suasana. Beberapa paviliun dengan kombinasi warna merah dan emas telah dibangun di tempat wisata ini untuk beristirahat ketika Anda lelah berjalan menuruni bukit. Ada juga patung kayu berbentuk serigala di titik ini, yang bisa dijadikan spot foto.

5. Bukit Maumere

Bukit Maumere
www.jogjaday.com

Ada juga bukit Maumere Pacitan yang pasti akan mengingatkan kamu akan bukit-bukit di Sumba yang sudah terkenal di luar negeri. Lokasi barang bukti Maumere berada di Jalan Pantai Klayar, Sambi, Sendang, Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Hamparan langit dengan guratan-guratan awan yang bergerak melintasi hamparan hijaunya Perbukitan Maumere, Pacitan sangat mempesona dan Instagrammable. Selain itu, pemandangan laut lepas sejauh mata memandang begitu luas dan menakjubkan. Saat musim kemarau dan saat rerumputan di sekitarnya mengering, Anda akan melihat pemandangan yang indah dan eksotis yang sekilas menyerupai pemandangan di perbukitan Sumba. Ladang hijau segar berubah menjadi ladang cokelat keemasan. Di bawah terik matahari, gemerlap rerumputan sangat menawan di hamparan perbukitan yang membentang di sepanjang Jalan Pantai Klayar, Sambi, Sendang, Donorojo, Kabupaten Pacitan.

6. Bukit Gundul Botak

Bukit Bare Bere
youtube.com

Bukit Bara Bare tak kalah mempesona, Anda bisa melihat keindahan panorama seperti negeri di atas awan. Terutama saat fajar. Situs ini terletak di Ledok, Tamansari, Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur kurang lebih 11 kilometer dari Alun-Alun Kota Pacitan. Gunakan jaket dan bawa bekal serta minuman hangat saat mengunjungi perbukitan gundul untuk melawan cuaca dingin, dan usahakan datang pagi-pagi sekali dan berangkat pagi-pagi sekali, setelah matahari terbit, untuk menyerap suasana seperti di atas tanah. awan di bukit ini. Kabut tebal akan menyelimuti hamparan perbukitan berpadu dengan cahaya dari ufuk timur yang sangat mempesona. Jangan lewatkan momen ini.

Inilah lima bukit indah di Pacitan yang memiliki banyak spot cantik yang instagramable untuk mengoleksi banyak koleksi foto-foto memukau. Jangan lewatkan jika Anda berkunjung ke Pacitan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.