6 Pemandian Air Panas di Semarang, Destinasi Yang Menyehatkan

6 Pemandian Air Panas di Semarang Destinasi Wisata Sehat

Posted on

Pemandian air panas di Semarang bisa menjadi destinasi wisata yang menyehatkan. Berendam di bak mandi air panas diketahui memiliki banyak manfaat. Seperti melancarkan peredaran darah, meningkatkan metabolisme tubuh, relaksasi dan baik untuk kesehatan kulit. Tentunya, apalagi jika Anda mandi air panas yang mengandung belerang, sejumlah manfaat tersebut bisa Anda dapatkan.

Jika Anda berada di Semarang atau merencanakan liburan di Semarang dan kota-kota sekitarnya, Anda tidak perlu kesulitan mencari sumber air panas. Semarang memiliki pemandian air panas dengan fasilitas lengkap sehingga Anda dapat bersantai dan menikmati pemandangan alam. Nah berikut ini adalah daftar beberapa pemandian air panas yang wajib dikunjungi di Semarang dan sekitarnya.

1. Pemandian air panas derek

djangki.wordpress.com

Pemandian air panas pertama di Semarang yang wajib Anda kunjungi adalah Pemandian Air Panas Derekan. Pemandian air panas ini terletak tidak jauh dari Pura Ngempon.

Pura Ngempon dan sumber air panas dipisahkan oleh sungai. Sungai dapat dijadikan sebagai titik acuan untuk menentukan lokasi pemandian ini. Setelah lelah berjalan-jalan di sekitar Pura Ngempon, Anda bisa mengunjungi Pemandian Air Panas Derekan untuk relaksasi. Ada beberapa kolam pemandian di sini, dan kolam untuk pria dan wanita juga terpisah. Kamar mandi dan kamar kecil juga terpisah.

 

2. Pemandian Air Panas Gedong Songo

Pemandian Air Panas Gedong Songo
kompasiana.com

Pemandian Air Panas Gedong Songo merupakan salah satu sumber air panas di Semarang yang patut Anda kunjungi selanjutnya. Pemandian ini tidak jauh dari objek wisata Candi Gedong Songo, dan pemandian ini memiliki kandungan belerang yang tinggi. Tak heran jika bau belerang bisa tercium dari jauh.

Bau belerang semakin tercium saat Anda berjalan melewati pipa pasokan air panas dari sumber air yang masuk ke dalam kolam. Air di pemandian ini berasal dari Kawah Gunung Kenalisodo, yang kemudian dialirkan ke kolam agar tidak menggenang di persawahan.

Berendam di pemandian air panas Gedong Songo tidak harus terlalu lama, karena terlalu lama mencium aroma belerang akan membuat pusing kepala. Hanya 30 menit adalah waktu perendaman maksimum.

Suhu air di sumber air panas ini juga cukup tinggi, sehingga disarankan untuk merendam tubuh secara bertahap di air kolam agar tubuh dapat menyesuaikan diri dengan suhu air. Meskipun kolam ini tidak terlalu besar, Anda dapat memilih kolam dengan kedalaman yang berbeda dan akan memastikan aman untuk anak-anak.

3. Pemandian Air Panas Diwak

Pemandian air panas diwak
kompasiana.com

Pemandian air panas di Semarang ini juga sangat direkomendasikan yaitu Pemandian Air Panas Diwak. Nama Diwak merupakan akronim dari Kendi Kawak yang artinya kendi tua.

Nama itu diambil karena begitu banyak guci yang ditemukan di resor tepi laut ini. Hingga saat ini belum ada informasi yang jelas sejak kapan sumber air panas muncul di Desa Kali Dusun Diwak. Tentu saja, munculnya mata air yang mengandung mineral alami merupakan anugerah bagi penduduk setempat, karena sumber air panas yang muncul di sini digunakan sebagai pemandian umum. Banyak warga yang datang ke tempat ini karena tertarik untuk mandi, mengingat banyaknya manfaat mata air belerang ini karena sangat menyehatkan tubuh.

4. Pemandian Air Panas Umbul Sidomukti

Pemandian air panas Umbul Sidomukti
Reiseinfo.com

Jika Anda ingin mandi di pemandian air panas dengan pemandangan yang indah, Anda harus mengunjungi Pemandian Air Panas Umbul Sidomukti. Pemandian Air Panas Umbul Sidomukti adalah salah satu pemandian air panas terbaik di Semarang karena Anda dapat menikmati ditemani pemandangan alam yang indah dan asri di sini. Pegal-pegal di badan hilang dan mata juga segar kembali karena pemandangan alamnya yang menyejukkan mata.

Terletak di luar kamar, kolam mata air panas ini terdiri dari teras, memungkinkan pengunjung untuk memilih kolam mana yang nyaman untuk mereka mandi. Tidak hanya bisa menyelam ke kolam air panas, di Umbul Sidomukti juga bisa menemukan area bermain lainnya seperti Flying Fox, Marine Bridge dan ATV. Ada juga permainan memanah dan peternakan kecil di mana Anda bisa belajar sambil berjalan-jalan di kebun sayur.

Tidak hanya itu, di sini Anda juga bisa mengunjungi Gua Tirta yang dibangun untuk melengkapi fasilitas pemandian air panas Umbul SIdomumti. Goa ini berbeda dengan goa bawah tanah pada umumnya yang gelap dan pengap, karena goa ini didesain dengan indah sehingga cocok untuk dijadikan tempat fotografi. Gua Tirta tidak terlalu panjang, sekitar 135 meter. Anda bisa mengunjungi goa ini sebelum menyelam ke kolam air panas Umbul Sidomukti.

5. Pemandian Air Panas Guci

Pemandian air panas Guci
pantura.tribunnews.com

Meskipun sumber air panas ini tidak terletak di Semarang, namun layak untuk masuk dalam daftar sumber air panas di Semarang yaitu Pemandian Air Panas Guci. Pemandian di Kendal memang sangat populer dan menarik untuk dikunjungi.

Pemandian Air Panas Guci terletak di kaki Gunung Slamet, tepatnya di ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut. Suhu air di pemandian ini mencapai 410 derajat Celcius, sehingga sangat cocok untuk menghangatkan tubuh di tengah suhu dingin di daerah ini.

Kolam untuk berendam ini bernama Pancuran 13 dan terbagi menjadi dua jenis yaitu kolam berbayar dan kolam gratis. Kolam renang kecil gratis ini memiliki pancuran air panas dan total 25 pancuran yang tersebar di 12 titik di area tersebut.

Dari semua pancuran di pemandian ini, pancuran cinta adalah yang paling populer. Orang-orang di sekitar percaya bahwa mandi penuh kasih dapat mendekatkan jodoh Anda jika Anda mencuci muka di sana.

Sungai yang mengalir di kawasan pemandian ini tidak boleh digunakan sebagai tempat pemandian karena suhunya yang tinggi. Untuk itu, saat mandi di kolam ini perlu memasukkan air secara perlahan agar tubuh tidak kaget saat bersentuhan dengan suhu air yang tinggi.

6. Pemandian Air Panas Nglimut Gonoharjo

Pemandian air panas Nglimut Gonoharjo
ihategreenjello.com

Pemandian air panas terakhir di Semarang adalah Pemandian Air Panas Nglimut Gonoharjo. Sebenarnya pemandian air panas ini bukan di Semarang tapi di Kendal. Namun, aliran air panasnya berasal dari Gunung Ungaran.

Ada berbagai jenis kolam di sini. Ada kolam renang anak-anak dan dewasa yang terpisah. Kolam renang anak terletak di area bawah. Menariknya, area kolam bawah dan atas dipisahkan oleh jarak 3 kilometer, sehingga Anda harus berjalan naik turun jalan untuk mencapai area bawah dan atas, dan sebaliknya. Tidak hanya kolam air panas, sebagai alternatif kolam lainnya, ada juga kolam air dingin bagi pengunjung yang ingin bermain air.

Leave a Reply

Your email address will not be published.