Cara Menghemat Baterai Android Agar Tahan Lama

Posted on

Cara Menghemat Baterai Android telah menjadi tutorial populer yang dicari masyarakat dalam beberapa tahun terakhir, seiring dengan meningkatnya aktivitas digital.

Pasalnya, daya tahan baterai yang lama menjadi peran penting bagi pelanggan smartphone sebelum membeli suatu produk. Namun sebenarnya konsumsi daya sebuah smartphone Android bisa dihemat secara maksimal, sehingga tidak mudah terbuang percuma.

Menghemat daya baterai sangatlah penting, terutama bagi Anda yang sering menggunakan smartphone untuk aktivitas berat seperti bermain game.

7 Cara Menghemat Baterai HP Android

Beberapa tahun lalu, para pembuat smartphone Android mencoba berinovasi dengan menghadirkan fitur quick charge. Namun ternyata, seperti dilansir beberapa media teknologi internasional, fast charging akan menurunkan kapasitas baterai dalam jangka panjang.

Karena efek buruk dari fitur pengisian cepat, Anda perlu mencoba berbagai alternatif untuk menghemat daya. Terpesona oleh bagaimana caranya? Ikuti tip di bawah ini untuk menghemat baterai di ponsel Android Anda.

1. Aktifkan mode gelap

Mode gelap dirilis tidak hanya untuk alasan estetika, tetapi juga untuk menghemat daya pada smartphone Android. Saat mode gelap aktif, baterai tidak harus bekerja secara otomatis untuk mengubah piksel menjadi cahaya terang.

Fitur dark mode sangat penting terutama bagi Anda yang memiliki semacam layar smartphone berjenis OLED (Organic Light Emitting Diode), yang didesain untuk menampilkan cahaya terang dan jernih. Untuk mengaktifkan fitur mode gelap, Anda dapat menggunakan metode berikut:

  1. Buka HP dan buka menu Pengaturan atau Preferensi.
  2. Lalu ketuk Tampilan & Kecerahan.
  3. Kemudian pilih Mode Gelap dan tekan Terapkan atau Terapkan.
  4. Tekan tombol Beranda untuk kembali ke beranda.
  5. Periksa apakah fitur mode gelap diinstal pada ponsel Anda.

Setelah ponsel Anda menerapkan mode gelap, tampilan ponsel akan menjadi gelap, sehingga penggunaan baterai lebih hemat dan tidak cepat habis.

2. Kurangi piksel layar HP

Cara Menghemat Baterai android

Beberapa pengguna Android merasa risih dengan tampilan atau UI mode gelap, meski ternyata bisa mengurangi konsumsi baterai.

Jika Anda pengguna Android yang tidak terbiasa dengan mode gelap, ada opsi alternatif lain. Caranya adalah dengan mengatur piksel secara manual melalui aplikasi pihak ketiga yaitu Pixof.

Dengan aplikasi ini Anda dapat secara manual mengurangi konsumsi piksel yang menguras baterai. Cara menghemat baterai HP Android dengan aplikasi Pixoff:

  1. Buka Google Playstore dan masukkan kata kunci Penghemat Baterai Pixoff.
  2. Unduh aplikasi dan ikuti petunjuk untuk menginstalnya.
  3. Jalankan aplikasi dan buka tab Pixel Filters.
  4. Kemudian atur sesuai keinginan.
  5. Anda juga dapat mengaktifkan mode gelap otomatis saat daya baterai rendah.

Catatan: Saat piksel diperbesar, konten visual video HD akan sedikit buram. Setel ulang standar piksel ke pengaturan awal.

3. Matikan WLAN otomatis

cara baterai Android tidak cepat kehabisan daya

Sejak rilis resmi Android Oreo beberapa tahun lalu, pengembang Android sudah mulai memasukkan fungsi koneksi Wi-Fi secara otomatis, atau yang disebut dengan Wi-Fi otomatis.

Fungsi ini menghubungkan smartphone ke jaringan internet nirkabel, meskipun WLAN dinonaktifkan.

Sayangnya fitur baru Android Oreo ini dapat menyebabkan baterai Anda cepat habis, terutama bagi Anda yang sebelumnya terkoneksi internet dengan paket data.

Akan lebih baik jika fitur ini dinonaktifkan dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Buka Pengaturan Menu> Jaringan & Internet> WiFi
  2. Kemudian klik pada pengaturan WLAN di menu WLAN.
  3. Hapus tanda centang atau tanda centang di menu Aktifkan WLAN secara otomatis.
  4. Selesai.

4. Aktifkan fungsi “Batasan latar belakang” Cara Menghemat Baterai android

Sebagian besar aplikasi Android yang beredar saat ini boros baterai dan menggunakan banyak daya baterai. Beberapa aplikasi bahkan masih bekerja di latar belakang (background) saat tidak dibuka.

Pekerjaan aplikasi di latar belakang juga menyebabkan baterai cepat habis. Oleh karena itu harus dikurangi dengan mengaktifkan pembatasan latar belakang. Beberapa situs techno bahkan menyebutkan bahwa pembatasan latar belakang dapat menghemat daya baterai hingga 15-20%.

Cara menghemat baterai ponsel Android Anda:

  1. Buka menu Pengaturan atau Preferensi.
  2. Lalu masuk ke menu Apps & Notifications.
  3. Semua aplikasi yang telah diinstal pada ponsel Anda akan ditampilkan.
  4. Buka aplikasi yang menurut Anda menggunakan banyak daya baterai.
  5. Kemudian klik menu Lanjutan> Baterai> Batasan Latar Belakang.
  6. Selesai.

5. Matikan GPS pada smartphone

Cara selanjutnya untuk menghemat masa pakai baterai di ponsel Android Anda adalah dengan mematikan GPS. Seperti diketahui, GPS merupakan salah satu fitur di dalam smartphone yang sangat bermanfaat, namun dapat menguras baterai HP dengan cepat.

Alasannya adalah karena GPS pada ponsel sebenarnya menggunakan banyak daya untuk sebuah smartphone Android. Energi listrik pada baterai dipaksa untuk mengubah energi secara terus menerus dalam bentuk sinyal radio GPS.

GPS saat ini menjadi fitur yang sering difungsikan untuk navigasi aplikasi transportasi online. Namun, akan lebih baik jika Anda hanya mengaktifkan GPS saat dibutuhkan. Jika tidak, yang terbaik adalah mematikannya agar tidak menguras baterai.

6. Hindari suhu yang ekstrim

Baterai smartphone pada dasarnya didesain agar bisa dibawa ke suhu tertentu. Misalnya pada suhu panas, smartphone hanya bisa disetting pada panas maksimal 35 derajat Celcius.

Jangan letakkan smartphone pada suhu dingin hingga 5 derajat Celcius di suhu dingin. Temperatur ekstrim dalam jangka panjang dapat menyebabkan kapasitas baterai turun drastis dan cepat habis.

7. Jangan gunakan wallpaper hidup Cara Menghemat Baterai android

Wallpaper animasi yang bergerak seperti GIF juga dapat menggunakan daya baterai karena listrik harus digunakan untuk memindahkan objek secara terus menerus. Jadi hindari menggunakan wallpaper hidup sebisa mungkin agar baterai lebih awet.

Memang para pembuat smartphone Android telah berupaya memenuhi kebutuhan konsumen dengan menyediakan kemampuan fast charging. Namun ada baiknya jika Anda mencoba Cara Menghemat Baterai HP Android terlebih dahulu. Untuk yang layar ponselnya tergores, bisa baca Cara Menghilangkan Goresan di Layar HP