makanan kering khas Semarang yang cocok untuk oleh-oleh

by -48 views

Aneka makanan kering Semarang tentunya bisa menjadi salah satu pilihan oleh-oleh yang wajib Anda beli setelah liburan ke sana. Ibukota provinsi Jawa Tengah ini memiliki banyak kuliner khas yang enak untuk ditawarkan. Anda tidak hanya bisa menikmatinya di sana, di Semarang Anda juga akan menemukan sejumlah kue kering yang bisa Anda jadikan sebagai oleh-oleh khas Semarang. Bagaimana tentang? Berikut adalah daftarnya.

1. Roti Ganjel Rel

travel.kompas.com

Kibble ala Semarang pertama yang wajib kamu coba adalah Ganjel Rel Roti. Padahal, nama kuliner ini begitu unik sehingga membuat banyak orang penasaran untuk membeli dan mencicipinya.

Roti ini berbentuk seperti rel kereta api dengan tekstur yang tegas dan kokoh. Roti ini merupakan peninggalan dari Belanda yang masih sangat populer. Roti Ganjel Rel memiliki rasa yang manis karena roti ini terbuat dari campuran gula aren.

 

2. kue sarang lebah

hastag.id

Kue sarang lebah juga merupakan salah satu makanan kering khas Semarang yang sayangnya harus dihindari. Disebut kue sarang karena bentuknya seperti sarang burung. Tak hanya itu, kue ini juga memiliki rasa manis karena ditaburi gula merah.

Kue ini dibuat dengan bahan yang cukup sederhana yaitu tepung beras, santan, dan gula merah. Jika Anda membawa kue sarang madu ini sebagai oleh-oleh, sebaiknya simpan di tempat yang aman dalam perjalanan, karena camilan ini mudah hancur.

3. Torakuru

jateng.tribunnews.com

Pernahkah Anda mendengar tentang Torakur? Torakur merupakan salah satu makanan kering khas Semarang yang sangat populer dan wajib dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Torakur ini adalah Permen Bandungan unik yang terdapat di Kabupaten Semarang. Permen ini terbuat dari tomat yang dikeringkan dengan sinar matahari dan teksturnya mirip dengan kurma. Nama Torakur sendiri merupakan singkatan dari kata to untuk tomat dan kur untuk kurma. Rasa Torakur ini sangat enak dan cocok sebagai oleh-oleh.

4. Brownies Opium

biggo.id

Kibble khas Semarang yang wajib kamu coba selanjutnya adalah Opium Brownies. Meski disebut candu, bukan berarti itu ilegal.

Candu ini ternyata adalah nama sebuah toko kue di Semarang yang menjual brownies dan coklat. Jajanan ini kemudian menjadi salah satu jajanan terpopuler di Semarang. Saat pertama kali mencobanya pasti langsung ketagihan, karena rasa coklatnya sangat gurih dan enak. Mungkin itu juga salah satu alasan kenapa kue ini disebut candu, karena bisa membuat ketagihan saat pertama kali mencobanya.

5. Wingko babat

innews.id

Kalau kibble ini khas Semarang pasti sudah tahu ya guys. Wingko babat merupakan salah satu oleh-oleh khas Semarang yang sangat populer karena rasanya yang gurih.

Jajanan ini berbentuk bulat dengan warna putih di tengahnya sedangkan kuning kecoklatan di permukaannya. Sangat khas dan asli memang, babat wingko juga enak karena dibuat dari kelapa muda pilihan dan ditambah gula putih. Wingko juga dijual dalam berbagai rasa.

6. Tupi

cookpad.com

Makanan kering khas Semarang ini juga wajib Anda bawa pulang yaitu Tumpi. Tumpi sebenarnya bisa disebut mirip dengan Delle, namun keduanya memiliki perbedaan. Jika penyok umumnya menggunakan kacang tanah, tumpi menggunakan kacang hijau.

Tumpi juga memiliki rasa yang gurih dan renyah. Jajanan ini bisa bertahan cukup lama dan bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Harga Tumpi juga tidak mahal, hanya puluhan ribu rupiah per bungkusnya. Tumpi ini memiliki tekstur yang renyah dan rasa yang gurih sehingga bisa dinikmati bersama keluarga.

7. Ikan Bandeng Presto

shopee.co.id

Dari sekian banyak makanan kering khas Semarang yang bisa dijadikan oleh-oleh, bandeng presto yang paling diminati dan digemari. Seperti namanya, pakan ini berbahan dasar ikan bandeng, yang kemudian diolah dengan cara dipres atau dikukus dengan tekanan tinggi.

Saat membuat Bandeng Presto, ikan dimasak dalam panci tertutup rapat setelah panci diisi air. Panci tersebut kemudian dipanaskan hingga airnya mendidih. Nah, bandeng dulu dimasak dengan uap mendidih.

Sebelum dipresto, bandeng dibumbui dan dibungkus dengan daun pisang. Bumbu yang digunakan adalah bawang putih, garam dan kunyit. Bumbu tersebut kemudian digunakan untuk melapisi ikan bandeng.

8. Tahu Bakso

travel.tribunnews.com

Kibble khas Semarang yang tidak boleh dilewatkan selanjutnya adalah Tahu Bakso. Tahu Bakso ini merupakan salah satu jajanan dengan rasa gurih yang nikmat apalagi disajikan hangat dan disantap dengan cabai rawit.

Ada dua jenis tahu bakso, yaitu tahu bakso rebus dan tahu bakso goreng. Anda bisa memilih sesuai selera karena keduanya memiliki rasa yang enak dan gurih.

9. Lontong Spekkoek Waiki

shopee.co.id

Lontong Spekkoek Waiki juga merupakan salah satu kibble khas Semarang yang sayang untuk dilewatkan. Meski namanya Lontong, masakan ini bukanlah masakan yang terbuat dari nasi dan dibungkus dengan daun pisang.

Meskipun hidangan ini dibungkus dengan daun pisang, isiannya bukanlah kue beras, melainkan kue lapis. Tidak hanya namanya yang unik, isian di dalamnya juga unik karena tekstur kue ini yang lembut dan lumer sehingga terasa gurih dan nikmat di lidah.

10. Kue yang brilian

adira.co.id

Makanan kering khas Semarang yang terakhir adalah Brilliant Cake. Kue yang enak ini juga bisa menjadi salah satu oleh-oleh khas Semarang untuk dibawa pulang karena cukup tahan lama.

Kue khas semarang ini memiliki cita rasa asli yang tahan hingga 60 hari. Bahkan, kue ini sudah terdaftar oleh MURI sebagai kue tanpa bahan pengawet yang memiliki masa simpan yang lama. Yang lebih istimewa lagi, kue ini memiliki rasa yang tidak membuat Anda merasa tidak enak meski sudah memakannya berkali-kali. Harga kue brilian ini sekitar Rp 100.000 dan Anda bisa memilih berbagai rasa seperti keju, cokelat, almond, kismis, brownies krim, dan cokelat.

Itulah tadi daftar jajanan khas semarang yang bisa kamu beli untuk cemilan atau oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Pastikan kamu membelinya setelah jalan-jalan keliling Semarang ya? Makanan kering mana yang paling ingin Anda coba?