Oleh-oleh Singkawang yang dijamin bikin happy semua

Posted on

Oleh-oleh Singkawang sangat banyak jenisnya dan memang menjadi salah satu barang yang wajib untuk dibeli. Keindahan Singkawang tidak perlu diragukan lagi, tak heran jika kota ini sering menjadi tujuan wisata bagi banyak pelancong ke Indonesia.

Dijuluki The Little Hong Kong, kota ini pernah menjadi stasiun jalan bagi para pedagang Cina. Tak heran jika Singkawang identik dengan sajian budaya Tionghoa dan Melayu. Dikenal dengan keragaman agama dan adatnya yang menarik, kota ini memang bisa menjadi destinasi wisata yang seru.

Oleh-oleh Singkawang

Usai berlibur, belum lengkap rasanya jika belum membeli oleh-oleh untuk keluarga atau kerabat di kampung halaman. Daripada bingung, berikut rekomendasi oleh-oleh khas Kota Singkawang yang bisa kamu jadikan inspirasi.

1. Kue Choi Pan Tjhia

sitimustiani.com

Souvenir Singkawang pertama yang wajib kamu beli adalah Kue Choi Pan Tjhia. Kue ini memang salah satu makanan khas Singkawang yang sangat populer dan bisa ditemukan di seluruh Singkawang, namun yang paling terkenal adalah Choi Pan Tjhia.

Choi Pan adalah makanan ringan yang terbuat dari campuran tepung beras dengan berbagai isian seperti bengkuang, rebung, daun bawang, talas dan kacang tanah. Saat Anda menggigitnya, Anda langsung merasakan rasa kenyal dengan hasil akhir yang crunchy di mulut.

 

2. Limun Sarsi

limun Sarsi
celebes.co

Tak hanya makanan, minuman juga bisa menjadi salah satu oleh-oleh khas Singkawang yang wajib Anda bawa pulang. Salah satu minuman paling legendaris di Singkawang adalah Limun Sarsi.

Limun Sarsi merupakan minuman ringan yang memiliki cita rasa khas, seperti rasa jeruk, pisang ambon dan sarsaparila. Menariknya, minuman ini dibuat sebelum bangsa Indonesia merdeka. Tak heran bila cagar budaya ini memiliki cita rasa khas dan unik yang bertahan hingga saat ini. Kini Limun Sarsi bisa Anda temukan di banyak warung makan di Singkawang.

3. Teh Krisan Singkawang

Teh Krisan Singkawang
shopee.co.id

Jika keluarga atau kerabat Anda suka minum teh, maka Anda wajib membeli Teh Krisan Singkawang ini sebagai oleh-oleh khas Singkawang. Teh krisan merupakan minuman yang sudah dikenal di Singkawang sejak tahun 1977 dan pada tahun 2008 minuman ini mulai berkembang dengan merubah kemasannya menjadi teh celup yang lebih modern.

Seperti namanya, teh ini terbuat dari olahan bunga krisan dan bunga krisan dari China. Bunga ini biasanya berwarna putih atau kuning dan minuman ini bukan sekedar teh biasa. Teh krisan dipercaya mampu menetralkan racun dalam tubuh dan meningkatkan kebugaran fisik. Minuman ini juga dapat membantu pemulihan flu dan mulas.

4. Kaos Singkawang

Kaos Singkawang
liburan.co

Lewat khas Singkawang, bukan hanya makanannya lho. Selain makanan, kamu juga bisa membawa pulang kaos Singkawang sebagai oleh-oleh untuk keluarga.

Singkawang memiliki kaos khusus saat perayaan Cap Go Meh yaitu Kaos Wonderful Singkawang dan kaos ini memang menjadi kaos yang paling banyak diminati. penjualan terbaik dan sangat populer hingga saat ini. Kaos ini sengaja didesain untuk memeriahkan Festival Cap Go Meh. Jika anda ingin membeli kaos ini anda bisa membelinya di outlet-outlet penjualan yang ada di kota Singkawang.

5. Flash Disk Terukir Sape

Flash Disk Pengukiran Sape
liburan.co

Pernahkah Anda berpikir untuk memberikan hadiah berupa flash disk? Jika belum, maka Anda wajib membeli oleh-oleh khas Singkawang ini. Flashdisk berukir sape ini memang sangat populer dan unik karena tidak ditemukan di daerah lain.

Sape Ukir atau yang juga dikenal dengan Sampe adalah alat musik khas suku Dayak di Singkawang. Sape artinya memetik jari dan alat musik ini wajib hadir pada setiap perayaan atau upacara adat suku Dayak. Alat musik ini terbuat dari kayu sehingga diukir dengan motif khas suku Dayak.

6. Tembikar Singkawang

Tembikar Singkawang
indonesiakaya.com

Oleh-oleh khas Singkawang yang tak kalah menarik untuk dibawa pulang adalah gerabah Singkawang. Singkawang memang dikenal sebagai daerah penghasil keramik terbaik, dan keramik buatan Singkawang ini merupakan salah satu upaya turun-temurun dari keluarga Tionghoa.

Biasanya gerabah Singkawang dibuat dalam berbagai bentuk, seperti guci, guci, dan vas. Ukurannya pun sangat bervariasi, mulai dari yang terkecil hingga yang terbesar.

7. Batik Tidayu

Batik Tidayu
regional.kompas.com

Siapa bilang tie dye hanya ada di pulau Jawa? Singkawang juga memiliki batik yang bisa dijadikan oleh-oleh khas Singkawang, yaitu Batik Tidayu. Nama Tidayu merupakan akronim dari tiga suku besar di Singkawang, yaitu Tionghoa, Dayak, dan Melayu.

Jika Anda melihat desain pada Batik Tidayu, Anda akan melihat perbedaan dari tie-dye lainnya. Ada 6 desain tie-dye tidayu yang masih populer, di antaranya Lembayung, Lantern, Beuntai, Jungle, Harmoni hingga Bangau.

8. Aksesoris Resam

Aksesoris Resam
shopee.co.id

Oleh-oleh khas Singkawang yang tak kalah menarik untuk dibawa pulang adalah aksesoris Resam. Kerajinan dan souvenir ini terbuat dari anyaman damar sehingga tercipta berbagai motif yang unik dan menarik.

Resam adalah sejenis tumbuhan paku yang biasanya tumbuh di tebing-tebing jalan. Berbagai kerajinan dapat dibuat dari resam, yang dapat digunakan sebagai oleh-oleh. Harga kerajinan Resam ini berkisar antara Rp100.000 hingga Rp300.000 tergantung jenis produknya.

9. Kerajinan kulit kayu

kerajinan kulit kayu
regional.kompas.com

Selain kerajinan tangan dari Resam, Anda juga bisa membeli kerajinan kulit kayu sebagai oleh-oleh khas Singkawang. Kerajinan dari kulit kayu ini bisa dibuat dalam bentuk tas, dompet, topi dan lain-lain.

Kerajinan kulit kayu khas Singkawang ini sangat menarik karena memiliki desain yang unik dan indah. Kulit kayu ini berasal dari pohon Tarap. Pohon tarap ini merupakan tanaman yang banyak tumbuh di daerah tropis. Kulit pohon tarap diolah menjadi daun tipis, yang kemudian dibuat dengan tangan.

10. Penggilingan kayu dan grit berlian

Serat kayu pulp dan berlian
manaa.com

Oleh-oleh Singkawang yang terakhir adalah penggiling kayu dan urat kayu ketupat. Ulekan tentunya menjadi salah satu peralatan dapur yang wajib Anda miliki di rumah karena sangat berguna untuk membuat sambal atau penghalus bumbu.

Saat berada di Singkawang, Anda perlu membeli alu khusus yang terbuat dari kayu ulin, Belian, Bulian atau Singkawang. Kayu ulin berat dan keras, sehingga memiliki daya tahan yang kuat. Karena itu, alu ini dapat bertahan lama bahkan dengan penggunaan sehari-hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published.