Pulau Senua, Destinasi Wisata Bahari Penuh Legenda di Natuna

Pulau Senua, Destinasi Wisata Bahari Penuh Legenda di Natuna

Posted on

Saat mengunjungi kabupaten Natuna, rasanya belum lengkap rasanya jika tidak mengunjungi Pulau Senua. Ini karena pulau ini memiliki keindahan alam yang begitu indah di desa Sepempang. Tak heran wisatawan lokal maupun mancanegara berbondong-bondong melihat keindahan pulau ini.

Wisatawan tidak hanya akan menemukan keindahan alamnya di sini, tetapi juga gua kecil yang terletak di pantai barat. Dan batu alam yang tak kalah indahnya. Jika Anda menyukai wisata pantai yang putih bersih, objek wisata ini juga bisa menjadi pilihan yang tepat.

Pengunjung juga dapat menikmati berbagai aktivitas di Pulau Senua. Karena di sini wisatawan bisa snorkeling, melihat gerombolan ikan dan terumbu karang berkeliaran di air laut yang jernih. Selain itu, sangat mudah untuk menjangkau tempat-tempat wisata. Jadi jangan lewatkan kesempatan untuk mampir ke pulau ini.

Pemandangan pulau Senua

Kredit foto: Google Maps Wan Andri

1. Terkenal dengan legendanya

Pulau Senua merupakan salah satu pulau kecil yang terkenal dengan legendanya yang masih dipercaya masyarakat hingga saat ini. Arti dari kata Senua sendiri adalah dua badan. Melihat pulau ini dari atas, terlihat jelas bahwa bentuk pulau itu menyerupai wanita hamil yang sedang berbaring.

Jika Anda mengunjungi pulau ini, Anda akan menemukan pulau yang eksotis dan indah. Jadi selain kisah-kisah legendaris, pengunjung juga harus meluangkan waktu untuk merasakan keindahan dan keindahan yang ditawarkan tempat ini.

2. Pantai yang indah dengan pasir putih yang mempesona

Selain itu, keindahan alam pulau ini memang tak terbantahkan. Keindahan pantai, pulau dan biota lautnya tidak perlu diragukan lagi. Pengunjung bisa melihat indahnya pantai berpasir putih yang terbentang jauh. Ada juga sebuah gua kecil di pantai barat.

Gua kecil ini menghadap ke laut dan dikelilingi oleh tebing curam. Bagi yang ingin berfoto, tempatnya berada di atas bebatuan. Banyak burung terbang di atas pulau. Menurut legenda, burung tersebut merupakan jelmaan dari emas dan perak, yang kemudian dililitkan pada tubuhnya yang disebut dengan Mai Lamah.

3. Konservasi Penyu

Jika Anda ingin melihat penyu, Anda dapat dengan mudah menemukannya di Pulau Senua. bahkan penyu bertelur bisa dilihat oleh pengunjung pulau eksotis ini. Penyu biasanya bertelur saat air pasang, atau tepatnya di tengah malam hingga dini hari.

Jadi jika Anda ingin merasakan bagaimana penyu bertelur dari dekat, Anda bisa menginap di pulau ini. Jangan lupa untuk menyiapkan perlengkapan camping agar aktivitas yang dilakukan semakin menyenangkan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat pulau Senua Natuna
Kredit foto: Google Maps Misuro Anwari

Pulau Senua terletak di sebelah timur Pulau Bunguran atau Pulau Natuna Besar. jaraknya sekitar 4 kilometer dari jarak terdekat. Dari segi administrasi, letak pulau ini termasuk dalam wilayah Desa Sepempang, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau.

Jarak ke pulau saat Anda berada di desa Sepempang tidak terlalu jauh. Waktu tempuhnya hanya 15 menit. Meskipun demikian, pengunjung tidak dapat mengakses pulau ini dengan sepeda motor atau mobil.

Jadi jika ingin sampai di tempat wisata, pengunjung sudah haus menggunakan pompong yang bisa disewa dari nelayan setempat. Dalam perjalanan, para pengunjung nantinya dimanjakan dengan pemandangan air laut yang begitu jernih.

Biaya Perjalanan ke Pulau Senua

Tiket ke Pulau Senua Natuna
Kredit foto: Google Maps Misuro Anwari

Memang, harga liburan di Pulau Senua cukup menguras dompet para wisatawan. Karena pengunjung yang datang harus menggunakan perahu nelayan atau pompong dengan biaya Rp 300.000-400.000 per orang. Jangan khawatir, biayanya untuk sewa perahu pulang pergi.

Setelah tinggal di tempat wisata, Anda akan menemukan banyak keindahan tidak hanya di alam, tetapi juga di pantai dan pulau-pulau. Harga yang harus dibayar meskipun cukup mahal namun sebanding dengan apa yang akan Anda dapatkan.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pulau Senua

Aktivitas di Pulau Senua Natuna
Kredit foto: Google Maps Danilo Soares Silva

1. Berenang dan snorkeling

Banyak sekali aktivitas seru dan menyenangkan yang bisa dilakukan pengunjung di Pulau Senua. Kegiatan pertama adalah berenang dan snorkeling. Kegiatan ini tidak boleh dilewatkan karena air laut di sini sangat jernih. Dan berenang di sini adalah kegiatan yang bisa mendatangkan kesenangan tersendiri bagi pengunjung.

Belum lagi kegiatan snorkeling, Anda akan menemukan begitu banyak terumbu karang yang indah dan spesies ikan yang berwarna-warni. Jadi tentunya akan sangat menyenangkan melihat keindahan alam bawah laut di pulau eksotis ini.

2. Amati penyu yang bermigrasi

Selain itu, aktivitas kedua yang bisa dilakukan wisatawan adalah melihat penyu yang berkeliaran. Penyu telah ada di pulau kecil ini selama ratusan juta tahun. Penyu merupakan salah satu hewan yang dilindungi di Indonesia. Anda dapat dengan mudah menemukan penyu di sini.

Jadi setelah puas snorkeling dan diving, jangan lewatkan aktivitas kedua ini. Keindahan air lautnya yang begitu jernih dan banyaknya penyu yang dilindungi di sini membuat wisatawan dari luar pulau datang ke tempat ini.

3. Jelajahi hutan dan perbukitan

Wisatawan yang berkunjung ke Pulau Senua dapat menjelajahi hutan dan perbukitan di tengah pulau. Sambil menikmati indahnya pemandangan bawah laut, pengunjung bisa melihat panorama alam yang indah di sini.

Pergi ke tengah pulau karena Anda akan menemukan hutan dan bukit di sekitarnya. Inilah pemandangan alam yang membuat hati pengunjung tenang dan nyaman. Oleh karena itu, banyak yang mengunjungi pulau ini hanya untuk bersantai.

Aktivitas Lain Pulau Senua Natuna
Kredit foto: Google Maps bakteri lucu

4. Berburu foto

Dan aktivitas terakhir yang tidak boleh dilewatkan adalah hunting foto. Wisatawan bisa mengambil foto dari beberapa spot bagus di tempat ini. Ada kolam pulau di sebelah utara, Anda dapat mengabadikan aktivitas sambil menjelajahi pulau atau bermain air. Karena tempat terbaik adalah di bawah laut.

Selain itu, Anda juga bisa mengabadikan bebatuan besar yang kemiringannya bisa mencapai 90 derajat. Jangan lewatkan juga batu-batu besar ini. Apalagi saat matahari terbenam, pengunjung bisa melihat matahari yang berwarna jingga keemasan. Ini mungkin juga tempat foto terbaik yang harus Anda dapatkan.

5. Mendaki di sekitar Pulau Senua

Dan aktivitas seru terakhir yang bisa dilakukan pengunjung adalah jalan-jalan. Waktu terbaik untuk mengunjungi Senoa adalah pukul 10 pagi hingga 4 sore. Hal ini sesuai dengan waktu penjemputan kapal motor yang anda sewa di Pelabuhan Sepempang.

Anda harus menikmati perjalanan ke pulau dengan air jernih di sekitarnya. Meski kedalaman bawah lautnya mencapai 7 meter, Anda bisa melihat keindahan dasar laut tanpa bantuan apapun.

Fasilitas yang tersedia di area pulau

Fasilitas Pulau Senua Natuna
Kredit foto: Google Maps Danilo Soares Silva

Wisatawan bisa menemukan berbagai fasilitas menarik di Pulau Senua. Meski tidak berpenduduk, perkembangan pulau ini cukup maju. Pengunjung akan menemukan dermaga terapung di sini. Dermaga apung digunakan untuk bersandar perahu sehingga wisatawan tidak perlu menceburkan diri ke pantai.

Juga, fasilitas kedua di pulau ini adalah Rumah Informasi. Senua sendiri merupakan pulau konservasi. Oleh karena itu, banyak sekali informasi yang bisa Anda temukan di tempat wisata yang satu ini. Pulau Senoa digunakan sebagai tempat penangkaran penyu.

Jadi bagi yang ingin beristirahat, tenang saja, karena di pulau ini banyak terdapat rest area. Jadi wisatawan tidak akan kesulitan mencari tempat berteduh. Bagi wisatawan yang membawa banyak barang, nantinya akan disediakan tempat yang bisa digunakan untuk menyimpan barang yang dibawanya.

Pulau Senua merupakan salah satu tempat wisata yang letaknya tidak jauh dari Kepulauan Natuna. Terkenal akan keindahannya, pulau ini dikelilingi oleh pantai berpasir putih. Meski ada harga yang harus dibayar, ada berbagai aktivitas menarik yang bisa dilakukan pengunjung di pulau kecil ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.